Back To Home

Menata ulang tata letak sebuah dapur seringkali hanya untuk memperbarui perlengkapan masak, rak atas dan kabinet penyimpanan, namun untuk masuk lebih dalam dan memahami fungsi utama dari dapur, kalian dan kontraktor kalian mungkin perlu memikirkan ulang keseluruhan rencana dan alur kerja dari dapur. Penatanaan ulang sebuah dapur yang perubahannya besar seringkali terkait dengan perubahan total. Ketika perancang ruang dapur dan kontraktor pekerjaan umum mendiskusikan opsi opsi denah untuk permodelan ulang dapur, umumnya mereka akan membahas tentang 5 desain tata letak dapur dibawah ini.

Tatanan Dapur Satu Dinding

Dapur yang kesemua perabotan, peralatan masak dan lemari penyimpanannya berada pada satu dinding yang sama dikenal dengan sebutan tata letak sama dinding. Tata letak ini sama baiknya di dapur berukuran kecil sampai yang sangat besar.

Manfaat :

Tata letak dapur ini memungkinkan alur gerak yang leluasa. Tidak ada halangan diantara ruang dapur , memungkinkan keterbukaan ruang yang maksimum. Ini adalah salah satu dapur yang paling mudah dirancang, direncanakan dan dieksekusi.

Oleh karena semua layanan mekanikal (pipa air dan listrik) berada pada satu dinding yang sama, desain ini dapat dibuat dalam waktu yang lumayan cepat dan lebih murah dibanding dengan jenis tata letak yang lainnya.

Kekurangan :

Ruang meja menjadi terbatas. desain tata letak ini tidak menggunakan dapur segitiga klasik, dan bisa jadi kurang efisien dibanding jenis tatanan yang lain. Ruang yang terbatas membuatnya sulit ditempatkan bersama area duduk.

Denah Dapur Gaya Koridor (Galley)

Ketika ruang dapur sempit dan terbatas (seperti di kondominium, rumah sederhana dan apartemen, dapur gaya koridor seringkali menjadi satu satunya pilihan yangg memungkinkan. Didalam rancangan tata letak ini, dua dinding yang saling berhadapan akan difungsikan sebagai dapur. Sebuah dapur koridor terbuka dikedua sisinya, memungkinkan dapur untuk berperan juga sebagai lorong diantara dua ruangan. Atau, salah satu dinding sisinya adalah jendela atau pintu keluar atau hanya dinding biasa.

Manfaat :

Dengan dua buah loket counter dikedua dindingnya, tata letak ini sangat fungsional karena desain ini menggunakan susunan dapur segitiga klasik. Denah dapur ini memberikan lebih banyak ruang untuk perabotan dapur dan kabinet.

Kekurangan :

Berkumpul diantara dua ruang kerja bisa menjadi masalah karena lorong diantaranya menjadi sempit. Jadi, ini bukan ide yang baik ketika dua juru masak bekerja disaat yang bersamaan. Kalau kedua dinding sisi terbuka, orang yang berjalan melewati dapur bisa menjadi agak merepotkan. Diujung dinding, kalau ada, biasanya buntu. Ruang yang terbatas membuatnya susah untuk menyertakan tempat duduk.

Tata Letak Dapur Bentuk L

Dapur bentuk L adalah tata letak yang paling populer. Terdiri dari dua dinding yang bersama sama menyangga semua rak, kabinet dan peralatan masak, dengan kedua dinding sisanya terbuka. Ini adalah standar yang dipakai oleh banyak pembuat dan perancang kitchen set gunakan ketika menghitung biaya ( biasanya dalam ukuran 10 x 10 inci).

Manfaat :

Desain dapur seperti ini memaksimalkan potensi dari dapur segitiga. Desain bentuk L menawarkan ruang yang lebih lega untuk rak dibandingkan dengan ttata letak dapur koridor dan denah satu dinding. Tatanan ini paling baik untuk menambahkan sebuah meja dapur tidak ada kabinet yang menghalangi meja. Dapur bentuk L memudahkan kalian untuk menambahkan sebuah meja makan atau tempat duduk lainnya disekitar dapur.

Kekurangan :

Pada ujung segitiga dapur (contohnya jarak ke kulkas) bisa menjadi agak jauh. Ujung buntu bisa menjadi masalah, kabinet sudut dan dinding bisa menjadi sulit dijangkau.

Tata Letak L Ganda

Sebuah desain tatanan dapur yang telah mengalami evolusi, desain ini memungkinkan dua tempat masak didalam satu dapur. Didalam desain ini, sebuah dapur bentuk L atau dapur satu dinding digabungkan oleh sebuah meja dapur multiguna yang disertai dengan paling tidak sebuah kompor, pipa pembuangan air atau keduanya.

Manfaat :

Area meja dapur akan terisi oleh banyak rak gantung karena meja lebih lebar dari rak yang dirancang untuk ruangan (biasanya sedalam 24.5 inci). Dua juru masak dapat bekerja dengan mudah didalam dapur seperti ini, karena area kerja mereka terpisah. Biasanya ini adalah dapur yang besar yang mempunyai dua pembuangan air dan peboran tambahan lainnya, seperti sebuah pendingin anggur wine atau pencuci piring kedua.

Kekurangan:

Dapur seperti ini memerlukan ruangan yang besar agar dapat mengakomodasi meja kitchen island.

Tata Letak Dapur Bentuk U

Desain dapur bentuk U dapat dibayangkan sebagai sebuah dapur koridor kecuali disalah satu dinding sisinya dipakai untuk rak gantung atau perabotan dapur lainnya. Satu dinding Tsisanya dibiarkan terbuka sebagai jalan akses ke dapur.

Manfaat :

Susunan letak ini ttetap mempertahankan alur memasak dari segitiga dapur. Dinding yang buntu menyediakan ruang yang cukup besar untuk menambahkan kabinet.

Kekurangan :

Jika kalian ingin memakai meja kitchen island, maka agak rumit untuk memasukkannya kedalam desain ini. Perencanaan ruang dapur yang bagus sangat menentukan untuk kalian mendapatkan lorong lorong yang paling tidak selebar 48 inci, dan agak susah dicapai dengan denah bentuk U ini. Dengan perabotan yang diletakkan pada 3 sisi dinding dan sisi dinding keempatt terbuka untuk akses, sulit untuk menempatkan area dudukan didalam dapur bentuk U. Untuk konsultasi rancang bangun dan layanan survey, kalian dapat menghubungi kami lewat kontak dan email yang tersedia dengan menekan tombol dilayar kanan kalian.

WRITE COMMENTS

Demo Features