Back To Home

“Wabi-sabi” adalah kalimat dalam bahasa Jepang yang memiliki arti menemukan keindahan didalam ketidaksempurnaan. Wabi merujuk pada jalan hidup dengan kerendahan hati dan kesederhanaan selagi menjadi satu dengan alam, sementara sabi dimaknai sebagai kemampuan dalam menerima siklus kehidupan apa adanya bersama segala kekurangannya.

Didalam konteks desain interior dan dekorasi rumah, rumah wabi-sabi adalah sesuatu yang diliputi hal hal otentik, menemukan nilai keindahan didalam rumah yang dihuni sejak lama, dan menawarkan perasaan damai dan ketenangan melalui kesederhanaan. Ketimbang selalu menambahkan barang barang baru atau terobsesi menyempurnakan setiap detil, pengadopsi desain interior wabi-sabi menemukan harmoni didalam keaslian dan ketidaksempurnaan. Pendekatan seperti ini bisa menjadi penawar yang selama ini kalian cari cari didalam dunia kita yang kacau dan terbosesi dengan kesempurnaan
Tentunya, ide ide abstrak seperti wabi-sabi tidak selalu mudah untuk diterapkan, jadi berikut beberapa tips dan trik dasar yang dapat membantu kalian untuk menciptakan sebuah rumah yang nyaman dan tentram, perasaan yang kita semua inginkan.

#01

Gunakan perabotan furniture dan karya seni buatan tangan

Wabi-sabi adalah tentang menggunakan dan merayakan keaslian dimanapun ia dapat ditemukan, dan tidak ada yang lebih otentik ketimbang aksesoris dekorasi buatan tangan dan aksen aksen karya seni. Sebuah vas bunga yang kalian temukan pada saat liburan, seni berbahan kain yang kalian buat sendiri, atau perabotan keramik dari pasar lokal kesemuanya adalah elemen elemen yang meningkatkan  kehangatan, rasa otentik dari ruangan kalian—yang adalah karakteristik wabi-sabi yang paling penting. 

#02

Bereskan segala sesuatu yang berantakan

Hanya karena desain interior wabi-sabi menghargai nilai nilai ketidaksempurnaan tidak berarti bahwa kalian harus mentolerir kekacauan dimana mana. Sebuah rumah wabi-sabi harus bebas dari sesuatu yang berantakan dan tertata rapi untuk menginspirasi perasaan damai dan ketenangan, namun tidak secara obsesif. Jika kalian sudah menggunakan estetika yang minimal, maka kalian sudah setengah jalan —tapi hanya setengah. Ingat, ini bukan tentang kesederhanaan ; ini lebih tentang memiliki rasa keteraturan untuk mengundang perasaan yang teduh kedalam rumah kalian.

#03

Bawa nuansa outdoor kedalam

Material organik dan elemen elemen dari alam adalah komponen utama dari sebuah rumah wabi-sabi, karena getaran getaran baik universal yang mereka bawa. Sebagai tambahan, ketidaksempurnaan alami yang kalian temukan pada tanaman, kayu dan batu adalah keindahan yang dapat kalian temukan dalam ketidaksempurnaan. Untuk memaksimalkan getaran yang baik ini, integrasikan perabotan furniture kayu, bunga segar dan tanaman hias sebanyak yang kalian inginkan. Dan jika kalian kurang mahir merawat tanaman, maka tambahkan beberapa tanaman sukulen yang akan memberikan semua manfaat tanaman alami tanpa perlu repot merawatnya.

#04

Menikmati dekorasi yang tidak cocok

Tidak semua hal harus selalu cocok dan senada satu sama lainnya. Malahan, terlalu banyak elemen yang sesuai satu sama lain dapat mengurangi karakter dan atmosfir undangan dari sebuah rumah. Dan, bukan juga kami meminta kalian untuk memadukan dua hal yang sama sekali berbeda bersama, namun lebih kepada tidak apa apa untuk kalian menambahkan sesuatu yang kalian sukai kedalam rumah kalian, bahkan jika mereka tidak sepenuhnya cocok secara estetika. Ketika merujuk kepada wabi-sabi, ketidaksempurnaan itu adalah sempurna.

#05

Kembali pada nilai nilai dasar

Sebuah cita rasa wabi-sabi adalah sesuatu yang menjaga harta benda kalian pada tingkat minimum dengan hanya menaruh benda benda yang mengundang perasaan nostalgia, keindahan, fungsi atau kombinasi dari ketiganya kedalam rumah kalian. Dan lagi, trend ini tidak menggunakan cara minimalis untuk kepentingan minimalisme, namun dengan tujuan hanya memakai benda benda yang penting untuk jiwa yang tenang dan bahagia, sebuah pendekatan yang memaksimalkan kebahagiaan hidup sehari hari. Tidak seperti seorang minimalis yang mungkin akan menyingkirkan sebuah vas bunga yang mereka suka namun ttidak cocok dengan estetika rumah mereka, penyuka desain wabi-sabi akan menyimpan vas tersebut karena membuat mereka bahagia.

WRITE COMMENTS

Demo Features