Back To Home

Kalau kalian ingin membuat beberapa perubahan didalam rumah kalian, lalu kalian menyadari kalau memerlukan bantuan. Biasanya kalian akan mulai mencari layanan desain interior dan dekorasi rumah yang ahli dibidangnya masing masing. Lalu pertanyaan selanjutnya adalah layanan yang mana yang dibutuhkan, apa bedanya?

Desain interior dan dekorasi rumah seringkali dianggap sebaai satu pekerjaan yang sama, namun sebenarnya keduanya tidak sepenuhnya sama. Kalau kalian sedang berencana untuk menggunakan jasa mereka dalam perancangan perubahan rumah kalian, akan sangat membantu bila kalian mengerti perbedaan diantara desain interior dan dekorator professional – sekolah mereka, kredensialnya, layanan mereka dan klien klien yang pernah mereka tangani.

Desain Interior

Sekolah : Perancang interior adalah sebuah profesi yang membutuhkan sekolah yang spesifik dan pelatihan formal. Pekerjaan ini biasanya mempelajari warna dan bahan kain, pelatihan desain CAD, menggambar, perencanaan ruang, desain perabotan furniture, arsitektur dan lain lain. Setelah lulus, perancang interior seringkali menjadi pekerja magang dibawah perancang yang sudah mapan dan terdaftar sebelum mereka berlanjut mendirikan perusahaan mereka sendiri.

Kredensial : Dibeberapa negara dan provinsi, perancang interior professional harus melewatti sebuah ujian dan menjadi teregistrasi dengan sebuah perkumpulan sebelum mereka bisa disebut sebagai perancang. Namun, banyak juga wilayah yangg tidak memerlukan kredensial seperti ini. Jadi, baiknya kalian perlu mengetahui situasi area sebelum kalian mulai mencari.

Yang Dikerjakan : Perancang desain interior umumnya mengerjakan perencanaan spasial dan dapat membantu merancang dan merenovasi interior rumah – mulai dari menggambar rencana awal sampai meletakkan aksen dekoratif tahap akhir. Perancang tidak hanya memperbagus penampilan saja, mereka juga meningkatkan fungsi dari sebuah ruangan.

Rekan Kerja : Pekerja desain interior seringnya bekerjasama dengan para arsitek dan kontraktor untuk membantu mencapai tampilan visual yang diinginkan oleh sang klien, baik itu desain rumah hunian, desain ruang kantor, sebuah hotel atau ruang interior lainnya.

gambar : interiordesign.net

Dekorasi Interior Rumah

Sekolah : Untuk berlatih secara professional, dekorator interior tidak memerlukan pelatihan formal atau sekolah karena mereka berfokus terutama pada nilai nilai estetika dan tidak ikut berurusan denan proses renovasi atau perencanaan struktural. Seorang dekorator bekerja setelah perencanaan struktural dan eksekusi selesai untuk berfokus pada tampilan permukaan ruangan. Banyak pekerja dekorator interior yang memiliki gelar sarjana dibidang bidang yang berhubungan, namun ini bukan sebuah syarat untuk profesi ini.

Kredensial : Walaupun tidak membutuhkan sekolah untuk menjadi seorang dekorator interior, ada banyak program pelatihan dan kursus yang tersedia. Kursus pelatihan ini seringkali lebih berokus pada warna dan jenis bahan kain, tata letak ruangan, perencanaan ruangan, gaya perabotan furniture dan lain lain. Sertifikasi dari organisasi seperti C.I.D. (Certified Interior Decorators International ) menyediakan pelatihan dan sertifikasi untuk membantu para dekorator pekerjaan mereka.

Yang Dikerjakan : Dekorator yang baik mempunyai kemampuan untuk masuk kedalam satu ruangan dan merancangnya menjadi bentuk visual. Untuk ruangan baru, mereka dapat membantu klien untuk memutuskan penerapan gaya, memilih tema warna, memilih perabotan furniture dan menghiasinya dengan aksesoris. Mereka juga sering diajak memperbarui dan mempercantik sebuah ruangan yg sudah ada.

Rekan Kerja : Dekorator umumnya tidak bekerja bareng dengan kontraktor atau arsitek, sejak mereka mulai bekerja setelah pekerjaan struktural bangunan selesai. Namun, mereka terkadangg bekerjasama dengan pembuat perabotan furniture, pembuat sofa dan para professional industri lainnya. Paling seringnya, mereka bekerja bareng dengan pemilik rumah atau para manajer bisnis.

Perancang Interior atau Dekorator ?

Yang mana yang harus kalian pilih tergantung kebutuhan kalian. Jika kalian membuttuhkan perubahan struktural seperti memindahkan dinding, mengganti alur pipa saluran air atau memasang kabel kelistrikan atau menambah pintu baru atau jendela, maka pada umumnya seorang perancang desain interior adalah pilihan yang lebih baik. Perancang interior dapat membantu kalian untuk merencanakan perubahan struktural yang signifikan dan membantu mewujudkannya dengan langsung bekerjasama dnegan arsitek dan tukang bangunan. Disisi yang lainnya, jika tidak ada perubahan struktural tapi kalian hanya membutuhkan bantuan estetika seperti memutuskan gaya dekorasi, memilih wallpaper, cat dan perabotan, memilih jendela dan pencahayaan serta aksesoris — seorang dekorator interior mungkin bisa membantu kalian. Dekorator berpengalaman tahu bagaimana cara merangkum segala sesuatu dan merubahnya sebuah ruangan yg sesuai dengan kebutuhan dan keinginan klien mereka.

Pada akhirnya, bagaimanapun juga, memilih pekerja professional yang tepat sangat tergantung pada beberapa kemampuan profesi tertentu, bukan titel pekerjaannya. Banyak desainer dengan sekolah formal lebih banyak menghabiskan waktu mereka mengerjakan sesuatu yang lebih dideskripsikan sebagai mendekorasi sejak tidak mengerjakan pekerjaan renovasi atau struktural apapun. Dan sama banyaknya juga dengan para dekorator professional yang telah melalui pengalaman panjang mereka, menjadi sangat mampu bekerja bareng dengan kontraktor dan tukang bangunan seperti layaknya seorang desainer interior.

Ketika memanggil seorang pekerja professional, mulailah dengan pemahaman jelas akan apa yang kalian perlukan dan cari seorang pekerja professional yang sudah teruji reputasinya, apapun titel formalnya. Secara umum memang benar seorang desainer dipakai untuk perencanaan ruang dan eksekusi struktural, sementara dekorator mengerjakan sentuhan estetika akhir. Namun jangan takut untuk keluar dari batasan ketika mempekerjakan seorang dekorator yang reputasinya baik sebagai seorang desainer, atau seorang desainer dengan skill dekorasi yang mumpuni.

Bila kalian mengalami kesulitan dan ingin berkonsultasi tentang kebutuhan desain interior dan dekorasi rumah, silahkan menghubungi kami lewat kontak yang tertera di situs resmi kami.

WRITE COMMENTS

Demo Features