Back To Home

Minimalisme telah menjadi gaya hidup modern yang mempunyai media guru mereka sendiri yang menjanjikan kalau dengan merapikan rumah dan menyederhanakan kehidupan kita bisa membantu kita menghadapi dunia yang luar biasa. Desain minimalis, disisi yang lainnya, adalah sebuah gaya pengaruh visual dengan sejarah yang mapan didalam dunia arsitektur, interior, seni, grafik, fesyen dan sebenarnya setiap dari cabang dari desain.

Desain minimalis adalah tentang memprioritaskan hal hal yang terpenting. Sebuah bangunan, objek atau desain interior rumah minimalis dikupas sampai pada fungsi intinya, diwujudkan menggunakan hanya beberapa bahan bahan yang tertentu, warna warna netral, bentuk bentuk yang simpeldan menghindari ornamen ornamen yang berlebihan untuk mencapai sebuah bentuk elegan yang sejati. Sementara ekspresi akhir dari sebuah desain minimalis mungkin terlihat sangat simpel, luas seperti sebuah puisi dan sejernih seperti sebuah bel, jangan kalian pikir mudah untuk mencapai kesederhanaan yang sekuat ini.

Desain minimalis terus bertambah populer selama satu abad terakhir, namun ada juga kritik dari para maksimalis yang menganggapnya sebagai desain yang membosankan atau steril, kurang imajinasi dan hati. Sementara arsitektur dan produk desain minimalis terkadang bisa sangat menghemat biaya, ramah lingkungan dan yang pasti berkontribusi terhadap demokratisasi dan aksesibilitas dari sebuah desain yang bagus, mereka juga menjadi sinonim dengan sebuah tujuan yang tidak mencari sebuah objek yang sempurna, sebuah kemewahan yang hanya dapat dinikmati oleh sebagian orang dan dapat menuntun kepada bentuk abadinya sendiri.

Sekilas Sejarah Gaya Desain Minimalis

Desain minimalis muncul pada abad ke 20 sebagai sebuah reaksi dan penolakan terhadap daya dekorasi mewah jaman sebelumnya, mulai dari arsitektur Victorian sampai seni ekspresionis abstrak.

Beberapa ahli sejarah desain menelusuri asal muasal dari minimalisme sampai kepada bentuk bentuk yang diringkas, dicontohkan oleh gerakan Dutch De Stijl pada tahun 1917 sampai awal 1930an dan diketahui luas telah dipengaruhi oleh kesederhanaan zen dari taman taman dan desain interior tradisional Jepang serta estetika estetika bersih dan rapi dari desain Skandinavia.

Mantra the less is more dari desain  minimalis adalah sebuah kutipan dari arsitek legendaris Jerman Mies Van Der Rohe, yang adalah salah satu arsitek terkenal yang terkait dengan modernisme dan Bauhaus setelah era perang Eropa dan Amerika selesai. Yang merespon ketersediaan bahan bahan baru seperti kaca, baja dan beton yang dikombinasikan dengan teknik membangun untuk menciptakan struktur struktur minimalis yang seringkali terlihat baru dan seperti disaat mereka ada puluhan tahun sebelumnya.

Desain minimalis berbagi DNA yang sama dengan arsitektur modern, bauhaus, brutalis dan desain modern abad pertengahan ( mid-century).

Desain grafis minimalis, seni, teater dan fesyen memiliki industri mereka sendiri sendiri pada tahun 1960an. Didalam ranah desain produk, tokoh tokoh legendaris seperti perancang industrial Jerman Dieter Rams, yang mantra “less but better” nya telah memandu desain objek sehari hari seperti radio meja, kalkulator dan perabotan pernis,mengantar kepada sebuah dunia desain produk minimalis muladi dari pertengahan abad ke 20 yang mendasari semua objek objek yang disederhanakan yang bersama mereka kita hidup hari ini dan lanjut untuk didesain hari esok, mulai dari iPhone sampai mobil swakemudi.

Hari hari ini, desain interior minimalis dan dekorasi rumah – kamar tidur minimalis, dapur minimalis, ruang keluarga minimalis dan yang lainnya – menyediakan alternatif untuk gaya gaya interior yang aksesorisnya berlebihan yang awalnya menjadi populer pada era Victorian dan bertambah popularitasnya berkat budaya konsumen abad ke 20.

Karakteristik Kunci Desain Minimalis

  • Kurang adalah lebih
  • Berfokus pada fungsi
  • Garis garis simpel dan bersih
  • Bentuk bentuk seni pahat
  • Kurang akan dekorasi dan ornamentasi yang tidak berguna
  • Palet warna monokromatik yang terbatas, dengan warna warna yang terkadang dpakai sebagai sebuah akses untuk menciptakan sebuah lingkungan yang melegakan
  • Memakai pilihan bahan material tertentu seperti beton, baja, kaca dan kayu
  • Segala sesuatunya memiliki tempat dan tujuan
  • Memakai pencahayaan ruangan dan alami
  • Menyoroti keahlian pertukangan
  • Desain interior yang lega dan rapi, seringkali denah tata letaknya terbuka dan menyatu dengan penyimpanan yang terintegrasi

Kutipan Desain Minimalis Yang Terkenal

“Sebuah kepolosan yang menarik adalah hal yang paling sulit dan berharga untuk dicapai.” –Mies Van Der Rohe, arsitek.

Jika kalian tertarik untuk memulai gaya hidup yang sederhana dan elegan, gaya desain minimalis mungkin cocok untuk rumah kalian. Untuk bertanya, konsultasi dan jasa renovasi ruangan, kalian bisa menghubungi kami di kontak yang tersedia di situs resmi galeri furniture jakarta.

 

WRITE COMMENTS

Demo Features