Back To Home

Jika kalian ingin menilai kualitas dari sebuah kursi sofa, jangan hanya melihat penampilannya. Kualitas sebuah sofa lebih dari sekedar tampilan, dan itulah sebabnya dua sofa yang terlihat sama dengan yang lainnya bisa sangat berbeda harganya. Apa yang ada didalamnya menentukan seberapa tinggi kualitas dari sofa itu.

Bagian bagian sofa terdiri atas rangka, dukungan dudukan dan bahan isian – tidak hanya menentukan  tingkat kenyamanan dari sebuah kursi sofa namun juga kemampuannya untuk menjaga bentuknya dan kestabilannya dimasa yang akan datang.

Bagian Rangka

Seberapa awet sebuah sofa sangat bergantung bagian rangka, dan sebuah sofa berkualitas tinggi selalu mempunyai rangka yang kuat dan kokoh. Ketika sedang melihat rangka sofa berikut yang perlu kalian pertimbangkan :

Rangka sofa terbaik adalah rangka yang terbuat dari jayu keras yang telah dikeringkan melalui proses kiln ( metode pengeringan kayu ). Proses pengeringan kiln menghilangkan semua kelembaban dari kayu, memungkinkannya mempertahankan bentuk dan kestabilannya dalam jangka waktu yang panjang. Rangka yang terbuat dari kayu yang masih hijau bisa menyusut dan retak selai mengering. Kayu halus dapat dengan mudah membengkok dan patah, sementara kayu kayu yang diikat rentan retak.

Dalam sebuah rangka sofa yang berkualitas bagus, bagian sambungannya mendapat perhatian khusus. Mereka di lem, disemat dan disekrup. Sudut sudut lalu diperkuat dengan menambahkan blok penopang untuk sokongan dan kekuatan ekstra.

Umumnya, kayu lapis dan papan partikel tergolong tidak kuat, terutama jika bagian bagiannya tersambung menggunakan steples. Tambahan lapisan kayu lapis dapat membantu menopang rangka, jadi seperti yang kalian lihat, konstruksi sebuah kursi dsofa sangat penting, begitu juga bahan bahan lainnya. Jika kalian harus memilih sebuah sofa dengan rangka kau lapis, pastikan paling tidak ada 11 sampai 13 lapis kayu.


Penopang Dudukan

Penopang dudukan juga merupakan komponen penting yang menentukan kualitas sofa. Bersama rangka dan bahan isian. Sebuah rangka yang kokoh menyediakan dasar untuk penopang dudukan yang baik lalu isian melengkapinya. Kalian harus selalu menguji kualitas penopang dudukan sofa sebelum kalian membelinya. Tidak boleh melengkung dan harus mampu memberikan daya tpoang yang baik pada area dudukan dan sandaran belakang. Ketiga opsi penopang dudukan yang paling umum adalah :

per ikat tangan 8 arah

Sistem ikat tangan 8 arah adalah salah satu sistem penopang yang terbaik. Metode berikutnya adalah konstruksi per sinus. Per sinus adalah per berbentuk huruf “S” dan dipasang dari depan kebelakang. Per per ini lalu didukung oleh kawat tambahan yang menyilang dari sisi ke sisi. Ini juga bisa diterapkan untuk dudukan yang kuat, dan mungkin opsi yang lebih cocok untuk sofa yang gayanya lebih ramping atau rangka sofa yang lebih kecil karena tidak memakan tempat.

per sinus

Opsi ketiga adalah jaring suspensi, yang tidak lain adalah pita tenunan yang mengalasi dudukan dan sandaran. Ini lalu dipasang ke rangka untuk membuat sebuah alas untuk bantalan. Jaring ini ada yang terbuat dari bahan serat alami atau buatan manusia. Pada sofa yang kualitasnya lebih tinggi, ada sebuah alat pengencang jaring ke rangka sofa. Suspensi jaring ini adalah opsi penopang dudukan yang paling terakhir.


Isian Bantalan

Kini kalian sudah mempertimbangkan bagian rangka dan penopang dudukan, waktunya untuk memilih bahan isian seperti apa yang kalian inginkan untuk bantalan.

Bahan isian yang paling umum adalah bahan polyurethane berdensitas tinggi. Semakin tinggi kepadatannya, akan semakin kenyal bantalan. Busa dapat dibungkus bersama dengan material yang lebih empuk seperti katun untuk membuatnya semakin halus. Busa berlapis dacron adalah opsi yang paling murah, namun tidak seawet bahan yang disebutkan pertama tadi.

Pastikan kalian mendapatkan busa berdensitas tinggi karena busa kualitas rendah bisa cepat rontok, menyebabkan lengkungan dan kain pembungkus tidak lagi kencang ketika itu terjadi.

Jika kalian menginginkan sebuah dudukan yang benar benar lembut, pertimbangkan bantalan down ( bulu ). Bantalan down atau bulu  dianggap sebagai pilihan mewah, dan salah satu yang paling mahal. Bantalan berkualitas tinggi mempunyai lapisan down proof dibawah jok untuk mencegah bulu bulunya keluar. Bantalan yang diisi dengan bulu down membutuhkan perawatan harian.

Bulu down yang dipakai bersama dengan bahan lainnya juga opsi yang bagus namun ada pilihan yang lebih mahal lagi. Bantal yangg terbuat dari bahan serat polyester Dacron polyester fiber dan bulu down, dikenal sebagai bantal Blendown, dibungkus dengan busa berdensitas ( berkepadatan ) tinggi.

Bantal ini juga dipakai bersama per yang sudah dibungkus dengan busa. Busa berkepadatan tinggi mengelilingi per, yang lalu dibungkus lagi dengan bantal bulu down. Hasilnya adalah sebuah permukaan empuk yang kenyal. Ini juga pilihan yang bagus karena bantalan ini tidak mudah berubah bentuk.


Kesimpulan

Bahan bahan berkualitas memang tidak murah, namun kursi sofa berkualitas bagus akan tetap nyaman dan mempertahankan bentuknya untuk waktu yang lama. Belilah sofa dengan kualitas tterbaik sesuai dengan kemampuan finansial kalian. Untuk sofa minimalis berkualitas dan terjangkau, silahkan menghubungi kami lewat kontak yang tercantum dibawah.

 

WRITE COMMENTS

Demo Features