Back To Home

Tumbuh natif di hutan hujan benua Amerika Sentral, tanaman hias Monstera deliciosa juga dikenal dengan “philodendron tropis berdaun belah.” Tumbuhan merambat ini adalah tanaman hias rumahan populer yang mudah dirawat dan menjadi favorit banyak perancang desain interior baik rumah hunian dan ruang komersial. Didalam ruangan indoor, tanaman ini dapat tumbuh sampai setinggi 2 kaki, kulitt daunnya mengkilap, karakteristik daun berbentuk hati dan belahnya datang dari akar akar anginnya yang rumit, yang juga dapat dipakai untuk membuat tali tambang dan keranjang. Kadang disebut juga dengan tanaman keju Swiss karena daun daunnya yang berpori, yang dapat tumbuh hingga panjang 3 kaki dan lebih besar dibanding jenis M. adansonii. Monstera deliciosa berkembang dikelembaban udara yang tinggi, menghasilkan bunga bunga berwarna krem yang diserbuki oleh lebah dan bisa menghasilkan buah yang dapat dimakan dengan rasa kombinasi antara nanas dan pisang. Pembuahan bukan hal yang umum didalam hobi tanaman hias rumahan.

Merawat Monstera Deliciosa

Jika kalian ingin memelihara tumbuhan ini sebagai tanaman hias rumah, pilihlah pot yang tinggi dengan banyak lubang resapan. Isi bagian sepertiga bawah dengan tanah gambut dan tanam sebuah batang as untuk membantu tanaman merambat naik. Masukkan akar akarnya kedalam wadah lalu isi dengan tanah disekitar akar. Padatkan batang as dengan tanah dan ikat batang tanaman ke batang as. Setiap dua tahun atau lebih, tanaman Monstera deliciosa umumnya akan bertumbuh melebihi wadah potnya. Pindahkan ke pot baru yang lebih besar dan dalam.

Cahaya

Tumbuhan hijau ini cenderung lebih suka paparan sinar matahari ttidak langsung yang terang pada suhu yang kosisten antara 65 dan 75 derajat Fahrenheit. Terlalu banyak sinar disaat musim musim panas bisa membakar pori pori daunnya. Namun, biarkan tanaman indoor kalian keluar paling tidak setahun sekali untuk mendapat sinar matahari langsung untuk merangsang pertumbuhannya.

Tanah

Jika ditanam didalam sebuah wadah, kalian membutuhkan media tanam berbasis tanah gambut. Diluar ruangan, kalian dapat memakai tanah lempung sedang yang sedikit berpasir dan liat dengan pH yang sedikit asam atau netral. Walaupun tanaman hias ini tetap berkembang cukup baik pada tanah yang agak lembab dan mempunyai pengeringan yang baik.

Air

Siram tanaman ini secara berkala disaat musim bertumbuh. Tanah perlu dikeringkan dahulu sebelum disiram kembali. Siram sesekali pada musim gugur dan dingin. Untuk meningkatkan tingkat kelembaban didalam ruangan, semprot pori pori daunnya menggunakan semprotan kabut yang diisi air demineralisasi atau air hujan.

Pupuk

Jika dibutuhkan, gunakan pupuk cair setiap beberapa minggu sekali ketika musim tumbuh.

Hama / Penyakit Umum

Membersihkan debu atau kotoran dengan sebuah busa yang dibasahi atau tisu kertas akan menjaga tanaman hias kalian tetap bersih dan mencegah hama. Hama tanaman umum seperti kutu putih, kutu daun, hama thrip dan tungau. Jika kalian menemukannya pada bagian daun, semprot dengan air yang mengalir. Daun daunnya juga dapat dibersihkan dengan sabun insektisidal.

Pemangkasan

Pangkas akar anginnya jika sudah sangat memakan tempat, atau dirangkai kembali ke pot. Tidak seperti tanaman rumahan lainnya, akar angin Monstera deliciosa tidak merusak permukaan dinding.

Pembudidayaan

Batang dan daun merespon baik dengan pemotongan. Pemotongan dapat dilakukan untuk memulai plantasi tanaman yang baru. Namun metode budidaya Monstera deliciosa yang paling populer adalah “air layering”, yang memerlukan gunting yg tajam dan bersih, media tanaman lumut sphagnum moss, sebuah kantong plastik dan tali atau kawat pengikat.

Pertama, cari sebuah daun yang tumbuh keluar dari batang dan yang sudah mempunyai sebuah akar angin pendek dibawahnya. Potong dan buat sedikit bukaan sekitar sepertiga dari lebar batang, pas dibawah akar tersebut. Bungkus dibagian dimana daun terhubung dengan batang dengan satu inci lapisan media sphagnum moss. Semprot lumut sphagnum moss tersebut dengan air untuk meningkatkan kelembabannya lalu bungkus dengan plastik. Gunakan tali atau kawat pengikat untuk mengikat bungkusan plastiknya. Pastikan media moss tetap lembab sampai akar mulai berkembang. Yang terakhir, potong batangnya dan tanam di pot yang baru.

Tips Perawatan Outdoor

Ketika ditanam diluar ruangan ( outdoor ), berikan pupuk dengan seimbang setiap tiga atau empat kali setahun dan tanaman hias ini bisa tumbuh sampai 3 meter atau lebih.

Tingkat Racun

Buahnya yang sudah matang dapat dimakan namun menurut ahli, buah monstera deliciosa dapat menyebabkan reaksi alergi bagi sebagian orang. Memakan daun dan bagian lainnya dapat menyebabkan rasa terbakar yang hebat pada mulut, mual, muntah dan diare. Iritasi kulit minor karena menyentuh tanaman walaupun jarang terjadi tapi dimungkinkan, adalah hal hal membuat Monstera deliciosa menjadi tanaman hias rumah yang dicintai di banyak penjuru dunia.

Tanaman ini beracun untuk kucing dan anjing, jika teman berbulu ini ada didalam rumah kalian, coba pertimbangkan alternatif lainnya yang lebih ramah terhadap hewan.

WRITE COMMENTS

Demo Features